Text
Pengembangan media permainan momo (monopoli moral) pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) kelas IV Sekolah Dasar
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MOMO (MONOPOLI MORAL) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) KELAS IV SEKOLAH DASAR
(2016)
Asih Tri Priyati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media permainan MOMO (Monopoli Moral) pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) materi globalisasi untuk kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan tahap ADDIE. Pengambilan sempel menggunakan teknik validasi produk dengan ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Teknik evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif. Evaluasi ini dilaksanakan melalui tiga tahap uji coba, yaitu uji coba lapangan awal, uji coba lapangan dan uji coba pelaksanaan lapangan. Hasil penelitian media permainan MOMO (Monopoli Moral) yang telah dikembangkan menurut para ahli materi, ahli bahasa dan ahli media adalah sangat baik dengan presentase masing-masing 83%, 89% dan 100%. Respon peserta didik pada uji coba pelaksanaan lapangan sangat baik dengan presentase 92%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media permainan MOMO(monopoli Moral) pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) materi globalisasi untuk kelas IV Sekolah Dasar yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu penunjang dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Media, PKN, Permainan MOMO(Monopoli Moral), Research and Development (R&D).
Bibliografi : lembar 113-115
SS00011482 | SK 11482 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain