Text
Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA berbasis lingkungan untuk kelas IV Sekolah Dasar
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Lingkungan untuk Kelas IV Sekolah Dasar (2016) Desi Widiyati
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan lembar kerja peserta didik IPA berbasis lingkungan untuk kelas IV sekolah dasar. Pada penelitian awal didapatkan penggunaan lembar kerja yang belum memberi kesempatan peserta didik untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran. Pembuatan bahan ajar diawali dengan penyesuaian kompetensi Dasar dengan basis yang dirancang untuk membuat lembar kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Adapun model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan Borg dan Gall. Pengambilan sampel menggunakan teknik validasi produk dengan angket dan wawancara pada ahli materi, bahasa, media, dan guru kelas IV sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Kembangan Utara 04 Pagi yang berjumlah 38 orang dan SDN Semanan 09 Pagi yang berjumlah 28 orang. Hasil penilaian akhir pada uji coba lapangan menghasilkan persentase 91,5%. Pada tahap uji coba small group didapatkan hasil 89%. Hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 100%, ahli bahasa diperoleh hasil persentase sebesar 91,2%, ahli media diperoleh hasil sebesar 93%, dan guru kelas IV didapatkan hasil 92%. Dengan rata-rata persentase kelayakan LKPD berdasarkan validasi ahli adalah 94% dan dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis ligkungan untuk kelas IV sekolah dasar terbukti layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, IPA, berbasis lingkungan.
Bibliografi : lembar 77-79
SS00011002 | SK 11002 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain