Text
Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode mind mapping pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 11 Setiabudi Jakarta Selatan
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 11 SETIABUDI JAKARTA SELATAN
Bagus Fendy Prasetyo
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV di SDN Menteng Atas 11 Setiabudi, Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 11 sebanyak 38 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen, observasi, catatan jurnal penelitian dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sebagai dasar perencanaan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis data diperoleh persentase keterampilan menulis deskripsi sebesar 68,42% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 89,47%. Hasil tersebut menunjukan kesesuaian dengan hipotesis tindakan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II melebihi 80% maka hipotesis diterima. Implikasi dari peneltian ini adalah bahwa metode mind mapping dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran dalam meningkatakan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV sekolah dasar.
Kata Kunci: Keterampilan menulis deskripsi, metode mind mapping.
Bibliografi : lembar 118-122
SS00011486 | SK 11486 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain