Text
Pengembangan bahan ajar matematika berbasis pendekatan saintifik kelas IV Sekolah dasar
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS
PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (2016)
Meilinda Eka Sari Aryani
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar matematika berbasiskan pendekatan saintifik untuk kelas IV Sekolah Dasar dengan judul “Bahan Ajar Matematika Bilangan Bulat Kelas 4 Sekolah Dasar”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dikenal juga dengan Research and Development (R & D) yang mengacu pada model pengembangan M. Atwi Suparman. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatibening Baru V Bekasi yang melibatkan siswa kelas IV A sebanyak 36 peserta didik dan IV C sebanyak 36 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner, observasi, dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dalam empat tahap yaitu, uji ahli, evaluasi one to one, evaluasi small group, dan evaluasi field test. Hasil penilaian uji coba ahli media sebesar 97%, ahli materi sebesar 98%, dan ahli bahasa sebesar 90%. Hasil penilaian evaluasi one to one sebesar 100%, evaluasi small group sebesar 94,1%, dan evaluasi field test sebesar 95,3%. Berdasarkan hasil penilaian secara keseluruhan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik masuk dalam kategori sangat baik.
Kata - Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Saintifik, Matematika
Bibliografi : lembar 151-154
SS00011490 | SK 11490 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain