Text
Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA materi gaya untuk kelas V Sekolah Dasar
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS
PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA
UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR
(2016)
Mohamad Wahyudi
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk
berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan fokus sebagai media
penunjang motivasi pembelaran siswa supaya lebih aktif dan mandiri,
khususnya pada kegiatan praktikum IPA di kelas V Sekolah Dasar. Dari data
hasil ujicoba analisis kebutuhan pada tahapan pengumpulan informasi awal
melalui wawancara pada responden siswa dan guru mendapat kesimpulan
bahwa LKS/LKPD yang digunakan disekolah tersebut masih kurang baik.
Adapun hasil analisis kebutuhan dengan responden guru menunjukkan
bahwa keberlangsungan kegiatan pembelajaran IPA masih memiliki kendala
dibidang media, guru membutuhkan inovasi baru dalam perangkat
pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa untuk lebih termotivasi
dalam belajar IPA, oleh karena itu pembuatan LKPD dapat menjadi salah
satu solusi bagi masalah tersebut. Dari responden siswa, pada uji coba
lapangan Small Group, diperoleh hasil sangat baik dengan persentase 87%
dan pada uji coba lapangan Field Test diperoleh hasil sangat baik dengan
persentase 89%. Dari responden guru, diperoleh hasil sangat baik dengan
persentase 94%. Ini menunjukkan bahwa produk Lembar Kerja Peseta didik
memberikan dampak yang signifikan terhadap motivasi dan keaktifan belajar
siswa untuk siswa kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, motivasi belajar siswa kelas V
Sekolah Dasar.
Bibliografi : lembar 95-97
SS00011008 | SK 11008 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain