Text
Tenda edukatif berbasis multi kecerdasan untuk anak usia 3-6 tahun
ABSTRAK
Yuandira Dwi Hesti. 2415121720. 2016. Tenda Edukatif Berbasis Multi
Kecerdasan Untuk Anak Usia 3-6 Tahun. Tugas Akhir Penciptaan Karya Seni
Rupa. Jakarta. Jurusan Pendidikan Seni Rupa. Fakultas Bahasa dan Seni.
Universitas Negeri Jakarta.
Semakin maraknya permainan berunsur edukasi untuk anak usia 3-6 tahun
berpeluang untuk menciptakan sebuah produk mainan yang dapat menstimulus
kecerdasan anak. Tenda edukatif ini dilengkapi dengan boneka jari, terowongan,
kartu bermain, dan puzzle bertujuan dapat melatih multi kecerdasan yang
mengacu pada teori Howard Gardner (2009, h.3), yaitu kecerdasan visual-spasial,
interpersonal, intrapersonal, kinestetik, naturalistik, musikal, linguistik dan
logikal-matematikal. Melalui produk tenda edukatif anak dapat belajar sambil
bermain sehingga anak merasa senang, nyaman dan tanpa sadar sedang belajar
melatih delapan multi kecerdasannya. Tema yang dipilih adalah binatang agar
anak memiliki rasa empati pada makhluk hidup.
Pada karya Tugas Akhir Penciptaan Karya Seni Rupa teori yang
digunakan adalah teori Maurice Barret (1979) yang menjadi landasan berkarya
berdasarkan konseptual, operasional dan sintetik. Proses penciptaan produk tenda
edukatif menggunakan teknik jahit, sablon flek dan konstruksi. Ukuran produk
mengacu pada antropometri dan ergonomi anak-anak usia 3-6 tahun. Warna yang
dipilih adalah warna kontras dan warna-warna baku agar anak mudah mengenali
dan menarik perhatiannya. Produk tenda edukatif dapat menjadi media
pembelajaran untuk anak PAUD atau TK sehingga proses pembelajaran akan
lebih menyenangkan bagi anak-anak.
Kata kunci: Tenda edukatif, puzzle, terowongan, boneka jari, kartu bermain, anak
usia 3-6 tahun, multi kecerdasan, desain produk, binatang mamalia, dan teknik
sablon flek.
Bibliografi : lembar 149-153
SS00011272 | SK 11272 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain