Text
Lecturers' perception toward implementation of integrated skill approach on teaching activities of english for interpersonal communication at english department of state University of Jakarta
ABSTRAK
Fitra Rakhmayani. Kh. 2016. Persepsi Dosen terhadap Implementasi Pendekatan Keterampilan Terintegrasi pada Aktivitas Pengajaran pada Mata Kuliah English for Interpersonal Communication di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggis UNJ (Sebuah Studi Kasus). Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016
Persepsi dosen memiliki peranan penting untuk mengembangkan mata kuliah dalam pengajaran. Setiap dosen memiliki persepsi masing-masing dalam mengimplementasikan mata mata kuliah keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan persepsi-persepsi dosen terhadap implementasi pendekatan keterampilan terintegrasi pada aktivitas pengajaran pada mata kuliah English for Interpersonal Communication di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggis UNJ. Penelitian ini menggunakan angket dan wawancara sebagai instrumen. Penelitian ini melibatkan 4 dosen yang telah mengajar mata kuliah keterampilan ini. Temuan dari penelitian ini adalah persepsi dosen terhadap implementasi pendekatan keterampilan terintegrasi terhadap tiga komponen dari aktivitas pengajaran; RPKPS, aktivitas kelas, dan evaluasi. Penafsiran data menunjukkan bahwa dari RPKPS. Mereka berpersepsi bahwa mata kuliah ini didasarkan pada landasan teori dari pendekatan komunikatif. Dengan menggunakan pendekatan terintegrasi, dosen mampu mengembangkan keterampilan pelajar dalam pengajaran. Meskipun, 25% dosen menyatakan bahwa pendekatan terpisah lebih baik. Alasannya adalah pelajar bisa menguasai menguasai tiap skill lebih spesifik. Dalam aktivitas kelas, peran pendekatan keterampilan terintegrasi juga mendapat pandangan positif dari dosen. Dosen mengombinasikan satu mata kuliah ke mata kuliah lainnya untuk mendapatkan skill yang lain dari skill yang berhubungan. Dari evaluasi, 100% dosen menilai pelajar berdasarkan pada penampilan siswa di semua skill. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mata kuliah keterampilan ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan terintegrasi mendapatkan respon positif oleh dosen dan memberikan rekomendasi terhadap kelanjutan implementasi mata kuliah keterampilan ini.
Kata kunci: Persepsi, Dosen, Ketrampilan Terintegrasi, Kegiatan Pengajaran
Bibliografi : lembar 51-55
SS00011273 | SK 11273 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain