Text
Teacher's instructions to stimulate the students'levels of thinking a case in english language class
ABSTRAK
Tatu Khalifatuhayah. 2016. Instruksi-instruksi Guru untuk Menstimulasi Level
Pemikiran Siswa. Skripsi. Jakarta: Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa
dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Instruksi-instruksi guru di dalam kelas harus diutarakan dengan jelas demi
memudahkan para siswa dalam memahami informasi atas apa yang mereka harus
lakukan di dalam kelas. Studi ini ditujukan untuk mencari tahu jenis aktifitas
pembelajaran yang muncul berdasarkan instruksi dari guru dan untuk mengetahu
level berpikir apa saja yang distimulasi oleh instruksi guru. Data penelitian ini
dihasilkan dari transkrip interaksi di dalam kelas, dan seorang guru Bahasa Inggris
merupakan sumber data penelitian. Observasi kelas dengan studi deskriptif
kualitatif digunakan dalam studi ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa
terdapat enam jenis aktifitas belajar yang muncul berdasarkan instruksi guru, dan
aktifitas-aktifitas tersebut menstimulasi level pemikiran siswa. Level pemikiran
siswa yang paling tinggi distimulasi adalah level mengetahui (53%), dan yang
kedua adalah level memahami (19%), setelah itu, tiga angka yang sama (8%)
untuk level menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan, sedangkan level
dengan nilai stimulasi terendah (4%) adalah level mengaplikasikan.
Kesimpulannya, instruksi-instruksi guru memunculkan beberapa jenis aktifitas
pembelajaran dan instruksi-instruksi guru dapat menstimulasi level pemikiran
para siswa.
Kata Kunci: Instruksi-instruksi guru, aktifitas pembelajaran, level berpikir siswa
Bibliografi : lembar 33-35
SS00011277 | SK 11277 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain