Text
Meningkatkan pemahaman konsep pendidikan kewarganegaraan pada materi keputusan bersama melalui model pembelajaran debat aktif : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN Pasar Minggu 01 pagi, Setiabudi, Jakarta Selatan
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF
(Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V
SDN Pasar Manggis 01 Pagi)
Eka Kristanto
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran PKn. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang pemahaman konsep PKn pada materi keputusan bersama menggunakan model debat aktif di kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 29 siswa pada semester kedua tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, tes pemahaman konsep siswa menunjukkan prosentase sebesar 44,82% sehingga belum mencapai target yang diharapkan karena masih di bawah target yang diharapkan yaitu sebesar 80%. Pada siklus II prosentase tes pemahaman konsep siswa mencapai 82,76% dengan itu dikatakan bahwa siswa memahami konsep dari materi yang diajarkan pada siklus II dan mengalami peningkatan yang melebihi target yang diharapkan. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 50% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Instrumen pemantauan tindakan siswa pada siklus I yaitu 50% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran debat aktif dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep PKn siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan model debat aktif, siswa dapat terlibat aktif, termotivasi, dan berani menyampaikan pendapat.
Kata Kunci: Peningkatan Pemahaman Konsep PKn, Model Debat Aktif.
Bibliografi : lembar 100-104
SS00011292 | SK 11292 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain