Text
Perbedaan hasil belajar IPA siswa menggunakan model cooperative learning number head together (NHT) dan tipe student teams achievement division (STAD) : studi eksperimen pada siswa kelas IV di SDN Kecamatan Cipayung
PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL
COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN
TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Di SDN Kecamatan Cipayung)
Kiki Amalia
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa
menggunakan model cooperative learning tipe number head together (NHT)
lebih tinggi daripada tipe student team achievement division (STAD) materi
perubahan lingkungan fisik. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kecamatan
Cipayung dengan sampel siswa kelas IV pada semester II tahun pelajaran
2015/2016. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random
Sampling. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda, yang
terdiri dari 21 butir soal dengan empat opsi. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t setelah terlebih dahulu
dilakukan uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas data menggunakan
Liliefors dan homogenitas menggunakan Barlet. Hasil penghitungan uji-t,
diperoleh nilai thitung sebesar 8,14. Nilai ttabel pada taraf signifikan = 0,05 dan
dk = 68 adalah 1,99. Oleh karena nilai thitung lebih besar daripada ttabel (8,14 >
1,99), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hasil belajar IPA
menggunakan model cooperative learning tipe number head together (NHT)
lebih tinggi daripada hasil belajar IPA menggunakan model cooperative
learning tipe tipe student team achievement (STAD) pada kelas IV sekolah
dasar.
Kata kunci: Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT)
Dan Tipe Student Team Achievement Division (STAD) , Hasil Belajar IPA
Siswa Kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 86-88
SS00011297 | SK 11297 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain