Text
Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA pesawat sederhana melalui model children learning in science : studi penelitian tindakan kelas di SD Negeri Kalisari 03, Jakarta Timur
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PESAWAT SEDERHANA MELALUI MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE
(Studi Penelitian Tindakan Kelas dI Kelas V SD Negeri Kalisari 03, Jakarta Timur)
(2016)
Abdul Muklis
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA Pesawat Sederhana di kelas V SD Negeri Kalisari 03 Jakarta Timur melalui model pembelajaran Children Learning In Science pada semester II tahun ajaran 2015-2016 menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar pemantauan tindakan dan instrumen berupa berupa soal yang dibuat yang sesuai dengan aspek kemampuan berpikir kritis dan catatan lapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajran IPA Pesawat Sederhana di kelas V melalui model pembelajaran Children Learning In Science. Presentase perolehan instrumen kemampuan berpikir kritis pada siklus I mencapai 73,33% dan pada siklus II mencapai 93,33%. Dengan demikian pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran IPA Pesawat Sederhana. Implkasi dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran Children Learning In Science yang optimal.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Krtitis, Model Pembelajaran Children Learning In Science.
Bibliografi : lembar 106-107
SS00011422 | SK 11422 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain