Text
Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (lesson plan) pos PAUD : studi kualitatif di 4 pos PAUD kelurahan Rawamangun, kecamatan Pulogadung Jakarta Timur
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian Pos PAUD
Tika Amalia Fitriani
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi nyata rencana pelaksanaan pembelajaran harian di pos-pos PAUD. Penelitian ini dilaksanakan di empat kelurahan Rawamangun, kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis Miles and Hubberman. Hasil penelitian ini menunjukkan rencana pelaksanaan pembelajaran harian di Pos PAUD Kelurahan Rawangun kecamatan Pulogadung Jakarta Timur, terdapat dua pos PAUD yang sudah merencanakan pembelajaran harian namun tidak tersusun sebagaimana mestinya. Komponen-komponen rencana pelaksanaan pembelajaran harian belum diperhatikan dalam pembuatannya. Penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran harian yang sudah dibuat tidak terlaksana pada kegiatan pembelajaran. Kegiatan yang diberikan kepada anak usia dini hanya mengaju pada lembar kerja yang berisi tentang menulis huruf, menghitung angka dan mewarnai gambar.
Kata kunci : Anak usia dini, perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran.
Bibliografi : lembar 07-99
SS00011421 | SK 11421 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain