Text
Penerapan media booklet materi photoshop CS3 untuk meningkatkan hasil belajar warga binaan dalam pembelajaran desain grafis di lapas kelas II.A narkotika Cipinang Jakarta Timur
PENERAPAN MEDIA BOOKLET MATERI PHOTOSHOP CS3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR WARGA BINAAN DALAM PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DI LAPAS KLAS II.A NARKOTIKA CIPINANG JAKARTA TIMUR (2016)
RAMA AFRIZA
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan desain grafis melalui penerapan media booklet pada materi Photoshop CS3 terhadap warga binaan di Lapas Klas II.A Narkotika Cipinang Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah warga binaan Lapas Klas II.A Narkotika Cipinang yang mengikuti program pembelajaran desain grafis sebanyak 10 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling jenis Sampling Jenuh. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Adapun bentuk dari Pre- Experimental Design ini yaitu, The One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan tes hasil belajar kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis dengan rumus uji-t pada taraf signifikan 5% maka diperoleh hasil thitung (27,157) > ttabel (1,734). Hasil dari penerapan media booklet dalam pembelajaran ini diperoleh melalui pre-test dan post-test terhadap warga binaan, maka diperoleh nilai rata-rata dari uji teori pada pretest sebesar 53,5 dari 20 butir soal yang diujikan, dan pada post-test terjadi kenaikan sebanyak 34 poin (63,6%) yaitu mencapai 87,5. Sedangkan untuk uji praktek diperoleh data nilai rata-rata kemampuan psikomotorik dari warga binaan mengalami peningkatan sebesar 52%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media booklet dalam pembelajaran desain grafis terbukti mampu meningkatkan hasil belajar warga binaan pada materi Photoshop CS3 yang dilakukan di Lapas Klas II.A Narkotika Cipinang Jakarta Timur. Melalui penerapan media booklet, diharapkan mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan lebih menarik, sehingga narapidana yang mengikuti program pembinaan memiliki kemampuan berupa keterampilan desain grafis. Hal ini berarti bahwa tujuan dari penelitian ini telah tercapai.
Kata Kunci: Penerapan media booklet, meningkatkan hasil belajar
APPLICATION OF PHOTOSHOP C3 MANUAL BOOKLET TO INCREASE LEARING OF PRISONERS IN ORDER TO LEARN GRAPHIC DESIGNING IN LAPAS KLAS II A NARKOTIKA CIPINANG EAST JAKARTA (2016)
RAMA AFRIZA
ABSTRACT
This experiment research is pruposed to increase the learning result of prisoners ability in graphic designing through application photosop Cs3 manual of booklet medium in Lapas klas II A Narkotika Cipinang East Jakarta. The sample (object) of the research are the 10 prisoners of Lapas klas II A Narkotika Cipinang that attending Graphics designing learning program. The sample we’re taken from the whole polulation. The methods is used is experimental whitin the design of pre-experimental design. The from of preexperimental design is one grup pretest – posttest. Data collecting methods are questionnaire and test result of learning then the data are prossesd using the t-test analysis.the result of hipotesis whithin t-test formulation on 5% level of significancy are thitung (27,157) > ttabel (1,734). The result of booklet medium in this learning are obtained by pre test, post test to the prisoners, then facile the average of theory resting and pretest as much as 35,5 of 20 points of question, and on post test the points are increasing to 34 points (63,6 %) or 87,5 in practical testing, ontained average value of psikomotorik ability of prisoners increasing to 52%. The result of the research application of photoshop c3 manual booklet to increase learing of prisoners in order to learn graphic designing in lapas klas II A narkotika Cipinang East Jakarta. Enable improve the learning result of prisoners of Lapas Klas II A Cipinang East Jakarta. Booklet medium may help proses of learning to be more efficient and interesting, so the prisoners may followed the program have an ability os skill in graphics designing. Means the objective the reseacrh have been achived.
Keyword: Booklet media application,learning result increase. .
Bibliografi : lembar 147-149
SS00011517 | SK 11517 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain