Text
Meningkatkan pemahaman bentuk geometri anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan bermain waktu bergambar : penelitian tindakan di kelas A TK Islam Al-Mukriyah Kramat Jati Jakarta Timur
Meningkatkan Pemahaman Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Kartu Bergambar (Penelitian Tindakan di TK Islam Al-Mukriyah Kramat Jati) (2016)
Astri Januarti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bentuk geometri anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Mukriyah. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Islam Al-Mukriyah usia 4-5 tahun sebanyak 6 orang. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan. Pengumpulan data yang digunakan dengan instrumen, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis data kuantitatif diperoleh prosentase kemampuan mengenal konsep bilangan sebesar 85% pada siklus I. Hasil tersebut menunjukan kesesuaian dengan hipotesis tindakan terjadi kenaikan dari pra penelitian ke siklus I melebihi 68% maka hipotesis diterima. Hasil analisis kualitatif membuktikan bahwa kegiatan bermain kartu bergambar dapat meningkatkan pemahaman bentuk geometri. Anak mampu mengenali dan menamai bentuk geometri dua dimensi, anak mampu mencocokan bentuk geometri dua dimensi berdasarkan beberapa ciri-ciri, anak mampu mengelompokkan bentuk geometri dua dimensi, anak mampu menyebutkan bentuk geometri dalam lingkungan, dan anak mampu menjelaskan bentuk geometri dua dimensi dengan ciri-cirinya. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan bermain kartu bergambar dapat meningkatkan pemahaman bentuk geometri anak usia 4-5 tahun di TK Islam Al-Mukriyah Kramat Jati.
Kata Kunci : Pemahaman bentuk geometri, Kegiatan bermain kartu bergambar
Bibliografi : lembar 183-185
SS00011513 | SK 11513 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain