Text
Meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan ( PKn ) melalui metode active learning tipe quiz team siswa kelas IV : studi penelitian tindakan kelas di SDN Karet 06 Pagi kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA SISWA KELAS IV
(Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Karet 06 Pagi)
Siwentika Mifta Jannah
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar PKn melalui metode active learning tipe quiz team di kelas IV SDN Karet 06 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 25 siswa pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan prosentase 68% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena ketuntasan belajarnya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 80%. Pada siklus II prosentase nilai hasil belajar siswa mencapai 88%. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 70% meningkat pada siklus II sebesar 100%. Intrumen pemantaun tindakan siswa pada siklus I yaitu 60% dan meningkat menjadi 90%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode active learning tipe quiz team dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV sekolah dasar. Dengan metode active learning tipe quiz team siswa dapat terlibat aktif, semangat, tanggung jawab, dan dapat menyumbangkan ide di dalam tim atau kelompoknya.
Kata Kunci : Hasil Belajar PKn, Metode Active Learning Tipe Quiz Team.
Bibliografi : lembar 105-107
SS00011514 | SK 11514 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain