Text
implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu sekolah SMPN 34 kota Bekasi
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
DALAM PENINGKATA MUTU SEKOLAH SMPN 34 KOTA BEKASI
(2016) ANDI RACHMAN HALIM
ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan di SMPN 34 Kota Bekasi tepatnya dibidang
implementasi manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan manajemen kurikulum dan pembelajaran serta
penerapan manajemen peserta didik berbasis sekolah yang dilihat dari aspek
implementasi atau penerapan manajemen berbasis sekolah dalam
peningkatan mutu. Penelitian dilaksanakan sejak bulan Mei 2016 sampai Juli
2016. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data penelitian berasal dari
informan kunci yaitu Kepala Sekolah serta beberapa informan pendukung
yaitu wakil kepala sekolah kurikulum, wakil kepala sekolah kesiswaan, guru,
dan pegawai staff tata usaha.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan manajemen
kurikulum dan pembelajaran sudah mengacu pada peraturan pemerintah
berdasarkan undang-undang yang diberikan pihak sekolah melakukan
pengembangan kurikulum untuk strategi peningkatan mutu dengan
mengadakan pelatihan-pelatihan untuk seluruh dewan guru dalam upaya
peningkatan mutu kurikulum yang diterapkan. Kurikulum yang diterapkan
memiliki perbedaan yaitu mengadaakan tadarus sebelum kegiatan belajar
mengajar dilakukan. Pengembangan kurikulum memperoleh perbaikanperbaikan
dengan mengetahui kelemahan dan kekuatan dari kurikulum yang
diterapkan guna peningkatan mutu sekolah. Setelah mengetahui
pengembangan kurikulum pihak sekolah bersama-sama dewan guru dalam
wadah musyawarah kepala kepala sekolah wilayah bekasi guna peningkatan
mutu sekolah. (2) Penerapan manajemen peserta didik berbasis sekolah
melalui PPDB Online dan program yang dibentuk. Tujuannya mengatur
peserta didik menunjang proses belajar mengajar. Tujuan khususnya
menggali potensi peserta didik bidang akademik dan non akademik. Pretest
dilakukan untuk mengelompokkan peserta didik agar mengetahui mutu dan
input atau output yang baik guna mendongkrak peningkatan mutu sekolah.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Manajemen
Peserta Didik, Peningkatan Mutu Sekolah
Bibliografi : lembar 87-88
SS00011512 | SK 11512 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain