Text
Pengaruh cinematherapy terhadap peningkatan harga diri peserta didik korban bullying kelas X : studi quasi eksperimen di SMK Dipenogoro 1 Jakarta Timur
PENGARUH CINEMATHERAPY TERHADAP PENINGKATAN HARGA DIRI PESERTA DIDIK KORBAN BULLYING KELAS X
(Studi Quasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Korban Bullying dengan Harga Diri Rendah di SMK Diponegoro 1 Jakarta)
(2016)
Fitriah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan meningkatkan harga diri peserta didik korban bullying yang memiliki harga diri rendah di SMK Diponegoro 1 melalui cinematherapy. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling dengan melibatkan 10 peserta didik yang terbagi dalam kelompok treatment dan kelompok kontrol. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan instrumen harga diri Coopersmith sejumlah 36 butir pernyataan dengan realibilitas sebesar 0.68. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Mann Whitney U Test menunjukkan nilai Exact. Sig 0.008 yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi α = 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Terjadi peningkatan harga diri yang signifikan setelah diberikan layanan cinematherapy. Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik yang diberikan layanan cinematherapy mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang tidak diberikan layanan cinematherapy. Selanjutnya guru BK dapat mengimplementasikan layanan cinematherapy sebagai layanan konseling mutakhir di sekolah.
Kata Kunci: Cinematherapy, harga diri, korban bullying
Bibliografi : lembar 148-152
SS00011511 | SK 11511 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain