Text
Hubungan antara kepedulian siswa terhadap lingkungan dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Kelurahan Cijantung Jakarta Timur
HUBUNGAN ANTARA KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD KELURAHAN CIJANTUNG JAKARTA TIMUR (2016) Dessy Dwi Cahyani
ABSTRAK
Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepedulian siswa terhadap lingkungan dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Kelurahan Cijantung Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cijantung 02 Pagi dan SDN Cijantung 011 Petang sebanyak 70 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes hasl belajar IPA dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa kepedulian siswa terhadap lingkungan berhubungan positif dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD dengan thitung = (6,676) > (1,995) = ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwa kepedulian siswa terhadap lingkungan dapat dijadikan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Oleh sebab itu, guru perlu membangun dan menciptakan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan sehingga dapat menambah pengetahuan siswa tentang lingkungab untuk dapat mengembangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.
Kata Kunci: Kepedulian siswa terhadap lingkungan, hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 92-94
SS00011402 | SK 11402 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain