Text
Pengaruh bermain melukis dengan jari (finger painting) terhadap kemampuan menulis awal anak usia 5-6 tahun di tk Islam Mardiyatullah Jakarta Timur : studi eksperimen di taman kanak-kanak islam Mardiyatullah, Jakarta timur
PENGARUH BERMAIN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Eksperimen di TK Islam Mardiyatullah, Jakarta Timur)
Siti Nur Al-Baniah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai pengaruh bermain finger painting terhadap kemampuan menulis awal anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Mardiyatullah , Kampung Rawa, Jakarta Timur pada bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen. Sempel penelitian dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun pada kelas B di Taman Kanak-kanak Islam Mardiyatullah, Jakarta Timur dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Eksperimen pada kelas B2 dan kelompok Kontrol pada kelas B1 . tekhnik pengambilan sempel menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument penelitian tentang kemampuan menulis awal anak usia 5-6 tahun dan diukur melalui teknik observasi dengan menggunakan instrument check list. Teknik analisis penelitian menggunakan uji Normalitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji-t. hasil pengujian hipotesis penelitian perhitungan hipotesis untuk menguji hipotesis antara post test eksperimen - pre test kelompok eksperimen yang berdasarkan perhitungan skor rata-rata kelompok eksperimen (Mean Y1.2) = 38.87 skor rata-rata kelompok kontrol (mean Y1.1) = 25,73; thitung = -5,32 dan ttabel = 1,701 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan n = 15+15=30/2 = 15. Dan derajat kebebasan (dk) = 15, Perhitungan hipotesis untuk menguji hipotesis antara post test kontrol – pre test kontrol yang berdasarkan perhitungan skor rata-rata kelompok eksperimen (Mean Y2.2) = 26,6 skor rata-rata kelompok kontrol (mean Y2.1) = 22,85; thitung = -6,20 dan ttabel = 1,701 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan n = 15+15=30/2 = 15. Dan derajat kebebasan (dk) = 15, Perhitungan hipotesis untuk menguji hipotesis antara post test eksperimen – post test kontrol yang berdasarkan perhitungan skor rata-rata kelompok eksperimen (Mean Y1.2) = 38.87 skor rata-rata kelompok kontrol (mean Y2.2) = 26.2; thitung = -30,9 dan ttabel = 1,701 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan n = 15+15=30/2 = 15. Dan derajat kebebasan (dk) = 15,yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan antara kemampuan menulis awal sebelum diberikan perlakuan dengan setelah diberikan perlakuan, yang artinya terdapat pengaruh signifikan kegiatan bermain finger painting terhadap kemampuan menulis awal anak usia 5-6 tahun. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah semakin sering anak diberi perlakuan berupa finger painting maka kemampuan menulis awal anak akan semakin meningkat.
Kata kunci: Kemampuan Menulis, Kegiatan bermain Finger Painting, Anak usia 5-6 tahun.
Bibliografi : lembar 130-133
SS00011405 | SK 11405 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain