Text
Pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV sekolah dasar di Kelurahan Jati Pulogadung Jakarta Timur
PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DI KELURAHAN JATI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR (2016) Rahmawati
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA kelas IV
sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah
dasar yang paralel di kelurahan Jati, Pulogadung, Jakarta Timur.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian
Posttest Only Control Group Design. Pengumpulan data diambil dari tes dan
pengamatan selama pembelajaran IPA. Kemudian dianalisis menggunakan
uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil perhitungan dan analisis
menggunakan uji-t pada taraf signifikan = 0,05. Uji persyaratan analisis yang
digunakan adalah uji normalitas dengan Lilliefors dan uji homogenitas
dengan Kuder Richardson 20. Taraf signifikan menunjukkan bahwa sampel
berdistribusi normal dan homogen. Penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji-t. Diperoleh
thitung = 2,19 > 1,67 = ttabel artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Ada perbedaan
rata-rata hasil belajar IPA antara siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yang
menggunakan Model Contextual Teaching And Learning lebih tinggi
dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan Model
Pembelajaran Konvensional. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan
bahwa terdapat pengaruh Model Contextual Teaching And Learning terhadap
hasil belajar IPA di kelas IV SD di Kelurahan Jati, Pulogadung, Jakarta Timur.
Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, IPA.
Bibliografi : lembar 119-121
SS00011408 | SK 11408 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain