Text
Meningkatkan kemempuan mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media adaptif : penelitian tindakan kelas pada peserta didik tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri kota Depok
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN
DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ADAPTIF
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Tunagrahita
Ringan Kelas III Di SLB NEGERI KOTA DEPOK)
(2016)
Dwi Astuti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal
konsep bilangan pada peserta didik tunagrahita ringan di SLB
NEGERI KOTA DEPOK dan dilaksanakan pada bulan Januari 2016
sampai dengan Februari 2016. Subjek penelitian adalah peserta didik
kelas III SLB NEGERI KOTA DEPOK yang berjumlah 3 peserta
didik. Fokus Penelitian adalah meningkatkan kemampuan mengenal
konsep bilangan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang di setiap
siklusnya menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan dan observasi,
dan tahap refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
instrumen tes berupa lembar instrumen kemampuan pengenalan
konsep bilangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media
memancing angka dapat meningkatkan kemampuan pengenalan
konsep bilangan pada peserta didik tunagrahita ringan kelas 3 SD.
Persentase kemampuan pengenalan konsep bilangan pada peserta
didik tunagrahita ringan siklus I, yaitu : AD; 60%, AN; 46%, dan
RH;53%. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase perolehan skor
pada kemampuan pengenalan konsep bilangan pada peserta didik
tunagrahita ringan, yaitu :AD; 86%, AN;73%, dan RH;80%. Dengan
demikian penelitian ini berhasil, terlihat adanya peningkatan
persentase kemampuan pengenalan konsep bilangan pada peserta
didik tunagrahita ringan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa
media memancing angka dapat meningkatkan kemampuan
pengenalan konsep bilangan pada peserta didik tunagrahita rigan
kelas 3 di SLB NEGERI KOTA DEPOK.
Kata kunci : Media Memancing Angka, Konsep Bilangan,Tunagrahita
Ringan
Bibliografi : lembar 158-159
SS00011533 | SK 11533 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain