Text
Peran perpustakaan sekolah bagi siswa kelas awal : penelitian kualitatif di SDIT Al-Iman Jakarta Timur
PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BAGI SISWA KELAS AWAL
(Studi Kualitatif di SDIT Al Iman Jakarta Timur) 2016 LILIS SURYANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran
perpustakaan sekolah bagi siswa kelas awal di SDIT Al Iman Jakarta
timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian studi kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan
cara catatan time sampling. alat perekam suara untuk merekam
wawancara dengan kepala sekolah, tenaga pengelola perpustakaan
sekolah, koordinator kesiswaan, guru, siswa, dan orang tua subjek dan
alat dokumentasi berupa kamera untuk merekam perilaku subjek yang
muncul. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Hubberman melalui
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian peran
perpustakaan sekolah bagi siswa kelas awal di SDIT Al Iman Jakarta
Timur, yaitu : Peran perpustakaan sekolah SDIT Al Iman dimanfaatkan
oleh siswa dalam menumbuhkan minat baca, banyak siswa yang aktif
dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah, siswa dapat belajar mandiri,
banyak juga siswa yang membaca buku dan meminjam buku yang
disediakan oleh tenaga pengelola perpustakaan dalam pelayanan
perpustakaan, ada juga yang belajar di perpustakaan dengan cara
berdiskusi. Siswa berkunjung ke perpustakaan ketika ada tujuan seperti
mengerjakan tugas dari guru. Siswa memiliki minat tinggi ke perpustakaan
pada saat jam-jam istirahat atau dimana siswa memiliki waktu luang.
Perpustakaan sekolah SDIT Al Iman merupakan wadah yang digunakan
penggunanya untuk memenuhi kebutahan informasi dan pengetahuan
yang siswa
Kata kunci : Peran perpustakaan sekolah, pemanfaatan perpustakaan
Bibliografi : lembar 130-133
SS00011536 | SK 11536 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain