Text
Penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam pembelajaran bahasa Inggris di lembaga kursus dan pelatihan Cambridge School of English
PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS DI LKP CAMBRIDGE SCHOOL OF ENGLISH JL. RAYA
PERJUANGAN K-8 TAMAN WISMA ASRI, BEKASI UTARA - KOTA
BEKASI (2016) Dona Lesmana
ABSTRAK
Warga belajar di LKP Cambridge School of English terdapat orang dewasa,
oleh sebab itu penting bagi instruktur untuk dapat menerapkan prinsip-prinsip
andragogi dalam kegiatan pembelajaran di LKP Cambridge School of English.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh penerapan prinsipprinsip
andragogi dan mendeskripsikan penerapan prinsip andragogi yang
digunakan pada pembelajaran bahasa Inggris untuk orang dewasa di LKP
Cambridge School of English.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan melakukan observasi,
dokumentasi, dan wawancara semi struktur kepada dua instruktur, lima warga
belajar dan pengelola. Penelitian ini dilakukan sejak Februari 2016 sampai
Juni 2016.
Hasil dari penelitian ini peneliti fokuskan kepada lima prinsip andragogi, yaitu
konsep diri, akumulasi pengalaman, kesiapan untuk belajar, menerapkan
perolehan belajar, dan orang dewasa dapat belajar. Hasil tersebut
menyimpulkan bahwa penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam
pembelajaran bahasa Inggris di LKP Cambridge School of English telah
berjalan dengan baik dan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran
untuk orang dewasa agar kebutuhan belajar mereka dapat terpenuhi sehingga
warga belajar yang sudah dewasa dapat belajar menjadi lebih efektif.
Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Lembaga Kursus dan Pelatihan,
Andragogi.
Bibliografi : lembar 110-112
SS00011537 | SK 11537 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain