Text
Upaya meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris siswa kelas V melalui penggunaan media action verb flashcard : penelitian tindakan kelas di SDN Setiabudi 01 Pagi Jakarta Selatan
Upaya Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas V
Melalui Penggunaan Media Action Verb Flashcard
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Setiabudi 01 Pagi Jakarta Selatan) (2016) NILASARY
ABSTRAK
Meningkatkan pemahaman kosakata bahasa inggris melalui
penggunaan media action verb flashcard dalam pembelajaran bahasa Inggris
pada siswa kelas V SDN Setiabudi 01 Pagi Jakarta Selatan. Skripsi. Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2016. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa inggris siswa
menggunakan media action verb flashcard di kelas V SDN Setiabudi 01 Pagi
Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Setiabudi 01 Pagi Jakarta
Selatan, khususnya di kelas V. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus
dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian pada
setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi
ini menunjukkan bahwa diperoleh data yaitu pada akhir siklus I presentase
pemahaman kosakata bahasa inggris siswa mencapai 43%. Pada akhir siklus
II presentase pemahaman kosakata bahasa inggris siswa mengalami
peningkatan menjadi 86%. Implikasi hasil penelitian ini adalah penggunaan
media action verb flashcard dapat dijadikan sebagai salah satu media
pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa inggris
siswa kelas V SDN Setiabudi 01 Pagi Jakarta Selatan.
Kata Kunci: Pemahaman kosakata bahasa inggris, siswa kelas V SD.
SS00011538 | SK 11538 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain