Text
Pengaruh teknik diskusi kelompok dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang dimensi seksualitas manusia : sstudi quasi eksperimen terhadap siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Jakarta Timur
PENGARUH TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM BIMBINGAN
KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA
TENTANG DIMENSI SEKSUALITAS MANUSIA
(Studi Quasi Eksperimen Kelas 9 di SMP Negeri 7 Jakarta Timur) (2016) Urip Mulyani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik diskusi kelompok
dalam bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman
siswa tentang dimensi seksualitas manusia. Penelitian ini menggunakan
quasi-experimental design dengan bentuk pretest-posttest nonequivalent
group design. Sampel dari penelitian ini adalah 20 orang siswi kelas IX SMP
Negeri 7 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling. Penelitian ini termasuk ke dalam statisik non-parametrik.
Uji statistik yang digunakan untuk mengolah data dan menarik kesimpulan
adalah Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann-Whitney U Test. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai asymp. sig. adalah sebesar 0,002 < 0,05
(α). Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik
diskusi kelompok dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan
pemahaman siswa tentang dimensi seksualitas manusia. Skor rata-rata
pemahaman kelompok eksperimen meningkat dari 15,3 (pretest) menjadi
21,5 (posttest) atau terjadi peningkatan skor rata-rata sebesar 6,2. Secara
implisit, hal ini memberikan bukti bahwa teknik diskusi kelompok dalam
bimbingan kelompok dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk
memberikan pemahaman yang memadai kepada siswa tentang suatu topik
pembahasan. Oleh sebab itu, guru dapat memaksimal penggunaan teknik
diskusi kelompok ini untuk memberikan pemahaman pada topik pembahasan
yang lain dengan didasarkan pada kebutuhan dan tingkat pemahaman awal
dari setiap siswa.
Kata kunci: teknik diskusi kelompok, bimbingan kelompok, pemahaman,
dimensi seksualitas.
Bibliografi : lembar 139-142
SS00011501 | SK 11501 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain