Text
Model pembelajaran pasing bawah untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SLTP)
MODEL PEMBELAJARAN PASING BAWAH UNTUK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (2013)
TUBAGUS ARAYYAN
ABSTRAK
Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran pasing bawah untuk siswa menengah pertama. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: kompetensi, karakteristik, dan kemampuan awal siswa sekolah menengah pertama dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi pembelajaran bola voli. Rancangan dalam penelitian dan pengembangan model pembelajaran ini menggunakan pendekatan model penelitian dan pengembangan (Research & Development) dari Brog dan Gall. Sedangkan subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 30 orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket dan kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) uji coba terbatas (uji coba kelompok kecil); dan (4) uji coba utama (field testing).Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran yang inovatif untuk siswa sekolahmenengah pertama sangat dibutuhkan oleh guru pendidikan jasmani; (2) secara keseluruhan produk ini efektif dilaksanakan oleh guru pendidikan jasmani dalam membelajarkan pasing bawah pada siswa sekolah menengah pertama; (3) Berdasarkan hasil uji efektifitas model, terbukti secara empiris bahwa hasil produk berupa model pembelajaran pasing bawah untuk siswa sekolah menengah pertama memiliki efektifitas yang sangat baik.
Bibliografi : lembar 155-156
TM00004684 | TM 4684 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain