Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap disposisi matematika siswa kelas V SD kelurahan Ciriung kabupaten Bogor
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP DISPOSISI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD KELURAHAN CIRIUNG KABUPATEN BOGOR
(2016) INA HANDAYANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap disposisi matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciriung 04, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah 77 siswa kelas V SDN Ciriung 04, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket. Instrumen tersebut kemudian diuji normalitas dengan uji Lilifors dan homogenitas dengan uji Bartlett sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 3,49 dengan dk = 75, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan dk = 75 adalah sebesar 1,66. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel (3,49>1,66), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap disposisi matematika siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa agar guru dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran matematika untuk dapat menumbuhkan serta mengembangkan disposisi matematika siswa kelas V SD.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok, Disposisi Matematika Siswa Kelas V SD.
Bibliografi : lembar 91-93
SS00011503 | SK 11503 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain