Text
Meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode cooperative learning tipe picture and picture di kelas IV SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara : penelitian tindakan kelas
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Picture And Picture di Kelas IV SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara Yohannes Padomuan Manurung
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode cooperative learning tipe picture and picture di kelas IV SDN Kelapa Gading Barat 01 Jakarta Utara, yang berlokasi di jalan P. Tomiang 1 No 45 RT 011/03 Komplek TNI AL Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Waktu Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2015/2016, yakni pada bulan Maret 2016 sampai dengan bulan April 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menerapkan metode cooperative learning tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV . Pada siklus I dan II hasil belajar IPS mencapai 52.5%, dan 75%. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning tipe picture and picture dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi teknologi komunikasi dan transportasi di kelas IV Sekolah Dasar.
Kata kunci : Meningkatkan hasil belajar IPS, teknologi komunikasi dan transportasi di kelas IV Sekolah Dasar.
Bibliografi : lembar 118-120
SS00011505 | SK 11505 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain