Text
Meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan saintifik : studi penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV SDN Menteng atas 11 Setiabudi Jakarta Selatan
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Menteng Atas 11 Setiabudi Jakarta Selatan)
2016
M Nur Jihad Amar Ma’ruf
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 11 Setiabudi Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 11 Setiabudi Jakarta Selatan yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I mencapai 69,44% dengan 25 siswa mendapat nilai ≥65 dan pada siklus II mencapai 91,67% dengan rincian 33 siswa mendapat nilai ≥65. Dari hasil tersebut, pelaksanaan tindakan pada siklus II telah menunjukkan hasil yang diharapkan. Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui pendekatan saintifik di SDN Menteng Atas 11 Setiabudi Jakarta Selatan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 22,23%. Hasil yang telah dicapai pada siklus II tersebut membuktikan bahwa pendekatan saintifik yang digunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sudah tepat.
Kata kunci: Pendekatan saintifik, hasil belajar IPA.
Bibliografi : lembar 102-103
SS00011509 | SK 11509 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain