Text
Pengaruh strategi pembelajaran koperatif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Matematika : studi eksperimen siswa kelas III SD Negeri 18 dan SD Negeri Soya Kota Ambon tahun ajaran 2012/2013
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran koperatif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN 18 Dan SDN Soya semester kedua tahun akademik 2012/2013, dengan menggunakan metode eksperimen dengan n = 68 siswa dengan treatment by level 2x2.Data uji persyaratan analisis dengan menggunakan ANAVA dua arah.Hasil Penelitian ditemukan bahwa : ( 1) Hasil belajar matematika yang diajarkan melalui
strategi pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran TPS. (2) Ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika pada siswa (3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran Numbered Heads Together dan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran Think Pair Share
yang sama-sama memiliki motivasi berprestasi tinggi. (4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui strategi Numbered Heads Together dan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran Think Pair Share yang sama-sama memiliki motivasi berprestasi rendah.
Implikasi dari temuan penelitian, sebaiknya guru teliti dalam pemilihan strategi pembelajaran matematika yang tepat guna meningkatkan motivasi berprestasi siswa.Dengan demikian, disarankan kepada guru SD terutama kelas awal agar dapat menggunakan pembelajaran koperatif sebagai salah satu strategi yang dapat meningkatkan motivasi berprestasi secara maksimal.
Kata kunci : strategi pembelajaran koperatif, motivasi berprestasi,dan hasil belajar matematika
Bibliografi : lembar 149-153
TM00004804 | TM 4804 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain