Text
Hubungan motivasi berprestasi dan lingkungan belajar dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam murid Sekolah Dasar Negeri 07 Pagi Rawamangun Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur
HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID SEKOLAH DASAR NEGERI 07 PAGI RAWAMANGUN KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR
CAYATI
RINGKASAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan hasil belajar ilmu pengetahuan alam. Faktornya adalah motivasi berprestasi dan lingkungan belajar.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan 32 sampel yang diambil dengan teknik secara acak. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan tes. Data dianalisis dengan analisis korelasi, regresi sederhana dan ganda.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPA, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPA, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan lingkungan belajar secara bersama dengan hasil belajar IPA.
Kata Kunci : Motivasi berprestasi, Lingkungan belajar, Hasil belajar IPA.
Bibliografi : lembar 97-100
TM00004627 | TM 4627 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain