Text
Teacher's scaffolding talks in teaching reading comprehension
ABSTRAK
WULAN PANGESTIKA. 2016. Ujaran Tuntunan Guru dalam Mengajarkan Pemahaman Membaca. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ujaran tuntunan guru dalam mengajarkan pemahaman membaca. Fokus penelitian ini adalah pada ujaran guru dan siswa yang muncul saat proses pembelajaran. Ujaran tersebut direkam dan ditranskripsi, kemudian dianalisis menggunakan Tabel Initiation-Response-Follow Up (IRF) dari Sinclair dan Coulthard yang diadaptasi oleh Halliday (2004) untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil menunjukkan ada 381 ujaran tuntunan dari 1.069 ujaran guru selama proses mengajarkan pemahaman membaca. Ujaran tuntunan guru yang muncul dalam bentuk pertanyaan berfungsi untuk menyediakan potongan informasi selanjutnya yang dibutuhkan didalam teks (80 ujaran), untuk memeriksa pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan (71 ujaran), dan untuk menuntun siswa memaknai kata (30 ujaran), diikuti dengan ujaran tuntunan didalam umpan balik yang berfungsi untuk mengoreksi jawaban siswa (91 ujaran), dan mengulang ujaran siswa (48 ujaran). Lalu, ujaran tuntunan dalam bentuk perintah, digunakan untuk mengatakan kata atau kalimat (40 ujaran), dan untuk menuntun siswa menjawab pertanyaan berkaitan dengan teks (21 ujaran). Dalam mengajarkan teks song, deskriptif, dan prosedural teks, guru biasanya menggunakan ujaran tuntunan yang muncul adalah untuk menyediakan potongan informasi selanjutnya yang dibutuhkan didalam teks, sedangkan dalam mengajarkan teks naratif, ujaran tuntunan yang paling sering digunakan adalah untuk memeriksa pemahaman siswa terhadap cerita didalam teks. Ujaran tuntunan diberikan guru dengan memberikan siswa sinyal/petujuk, contoh yang nyata, pancingan kata, dan penjelasan langsung.
Kata Kunci: Ujaran tuntunan guru, pemahaman membaca, Analisis Wacana.
Bibliografi : lembar 84-87
SS00011530 | SK 11530 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain