Text
Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 31 Jakarta Timur
ABSTRAK
Dessy Herfina. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap
Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 31 Jakarta Timur”.
Skripsi. Pendidikan Ekonomi Koperasi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri
Jakarta. 2016. Dosen Pembimbing: Dr. I Ketut R. Sudiarditha, M.Si dan Dra. Rd.
Tuty Sariwulan, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan disiplin
belajar terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 31 Jakarta
Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa/i kelas X (sepuluh) IIS, dengan jumlah sampel 88
siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah
propotional random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan
memperhatikan proporsi dalam sampel wilayah. Teknik analisi data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Berdasarkan
hasil analisis jalur dalam penelitian ini diketahui bahwa: 1) Motivasi belajar
secara langsung mempengaruhi hasil belajar ekonomi. 2) Disiplin belajar secara
langsung mempengaruhi hasil belajar ekonomi. 3) Motivasi belajar secara
langsung mempengaruhi disiplin belajar. 4) Motivasi belajar secara tidak langsung
berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Ekonomi.
Bibliografi : lembar 122-125
SS00010333 | SK 10333 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain