Text
Pengaruh kecerdasan emosional dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru di SMK Bina Siswa Utama Bekasi
ABSTRAK
REFANY NOVIA SIBORO. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepuasan
Kerja terhadap Komitmen Guru di SMK Bina Siswa Utama 1 Bekasi. Konsentrasi
Pendidikan Ekonomi Koperasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta,
2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan
emosional dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru di SMK Bina Siswa
Utama 1 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode ex-facto dengan pendekatan
korelasional. Pengamatan terhadap SMK Bina Siswa Utama 1 Bekasi dilakukan
melalui sensus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis
regresi berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan
terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap komitmen guru dengan
hasil thitung (3,190) > ttabel (1,67793), dan terdapat pengaruh positif antara
kecerdasan emosional dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru dengan hasil
thitung (2,608) > ttabel (1,67793), dan terdapat pengaruh positif antara kecerdasan
emosional dan kepuasan kerja terhadap komitmen guru dengan hasil Fhitung
(19,466) > Ftabel (3,20). Variasi pengaruh dari kedua variabel bebas dapat
diketahui berdasarkan nilai R2 sebesar 0,453. Sehingga 45,3% variabel komitmen
guru dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan kepuasan kerja dan sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Keeratan hubungan secara
simultan antara variabel kecerdasan emosional, kepuasan kerja, dan komitmen
guru adalah kuat sebesar 0,673.
Kata Kunci: kecerdasan emosional, kepuasan kerja, komitmen guru
Bibliografi : lembar 112-113
SS00010340 | SK 10340 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain