Text
Pembelajaran drum pada anak usia dini di purwacaraka music studio cabang Harapan Indah Bekasi
ABSTRAK
Samuel Prasetyo Adi. 2016. “Pembelajaran Drum Anak Usia Dini Di Purwacaraka Music
Studio Cabang Harapan Indah Bekasi”. Skripsi, Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa
dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Skripsi ini mengkaji tentang pembelajaran drum anak usia dini, yang bertujuan
mengetahui pembelajaran drum anak usia dini dari berbagai segi materi, metode, kegiatan
pembelajaran dan evaluasi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Penulis mengumpulkan data Pembelajaran Drum Anak Usia Dini Di Purwacaraka
Music Studio Cabang Harapan Indah Bekasi dengan menggunakan kepustakaan, observasi
dan wawancara saat pembelajaran drum berlangsung. Adapun subjek dari penelitian ini
adalah guru sebagai pengajar juga narasumber dan siswa usia dini yang mengikuti kelas
drum. Analisis data dilakukan dengan membuat coding, memoing dan pengelompokan data.
Untuk mengetahui keabsahan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, penulis
menggunakan trianggulasi data dengan membandingkan data yang sudah terkumpul dengan
pakar dalam bidang yang bersangkutan.
Hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran drum cukup konsisten dalam
menerapkan metode ceramah, metode demonstrasi dan metode drill dalam pembelajaran.
Guru sangat aktif berinteraksi dengan siswa saat pembelajaran berlangsung. Namun kadang
anak masih merasa kesulitan dalam membaca not dan memegang stick yang terlalu besar
sehingga anak merasakan kelelahan dalam bermain drum.
Kata kunci : Pembelajaran Drum Anak Usia Dini, Purwacaraka Music Studio Harapan
Indah Bekasi Bibliografi : lembar 66-67
SS00011432 | SK 11432 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain