Text
Studens' perceptions toward implementation of integrated skills approach on the learning activity of english for social communication at english Department Universitas Negeri Jakarta (a survey study)
ABSTRAK
RIFQA PRASETYANINGRUM. 2016. Persepsi Mahasiswa terhadap Implementasi Keterampilan Terintegrasi dalam Kegiatan Pembelajaran di Mata Kuliah English for Social Communication di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta (Sebuah Survey). Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini adalah sebuah survey yang bertujuan untuk mengumpulkan data empiris mengenai persepsi mahasiswa terhadap implementasi keterampilan terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah English for Social Communication di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta. Data yang digunakan diperoleh dari 60 mahasiswa di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta angkatan 2013 dan 2014 dengan menggunakan dua jenis instrumen yaitu kuisioner dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap implementasi keterampilan terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah English for Social Communication di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta adalah positif. Persepsi positif ini disimpulkan dari persepsi mahasiswa terhadap komponen terkait Kegiatan Pembelajaran: kegiatan pembelajaran di kelas dan evaluasi. English for Social Communication dipersepsikan sebagai mata kuliah keterampilan terintegrasi berdasar pada jawaban dari 91.7% responden, dan 73.3% responden setuju bahwa mata kuliah keterampilan terintegrasi mempermudah mahasiswa dalam mempelajari keempat keterampilan bahasa dan English for Social Communication menampilkan situasi-situasi komunikasi dalam kehidupan nyata. Implementasi keterampilan terintegrasi pada kegiatan pembelajaran mata kuliah English for Social Communication dipersepsi dan diterima dengan positif oleh mahasiswa jurusan bahasa dan sastra inggris UNJ, dan menekankan pada pentingnya keterampilan bahasa terintegrasi dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Kata kunci: Persepsi, Pendekatan terintegrasi, EFL, Implementasi, Bahasa Inggris untuk Komunikasi Sosial
Bibliografi : lembar 49-50
SS00011436 | SK 11436 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain