Text
Pengaruh metode pembelajaran group investigation dengan media reportase lapangan terhadap kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 44 Jakarta
ABSTRAK
Dirham Damara. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Group Investigation dengan Media Reportase Lapangan terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 44 Jakarta. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran group investigation dengan media reportase lapangan terhadap kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016, semester kedua pada bulan April di kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan prates dan pascates (pretest and posttes design)dua kelompok. UjiFisherdigunakan sebagai uji homogenitas. Dari hasil perhitungan diperolehF = 2,08 berdasarkan distribusi dengan dk = 29 dan taraf signifikansi 0,01diperolehF = 2,41, dari hasil tersebut diperoleh F ≤F . Dengan demikian, populasi memiliki varians yang homogen. Berdasarkan perhitungan Uji-t, diperoleht sebesar 7,876 pad dk = 58 dalam taraf signifikansi ()sebesar 0,05, sedangkant diperoleh melalui interpolasi sebesar 2,002, maka 7,876>2,002 sehingga hipotesis diterima. Rata-rata kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas eksperimen adalah 94 lebih tinggi dari kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata 76.Dari data tersebut diketahui bahwa hasil penelitian dapat menguji hipotesis nol. Oleh karena itu, terdapat pengaruh metode pembelajaran group investigation dengan media reportase lapangan terhadap kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 44Jakarta.
Kata kunci:metode pembelajarangroup investigation, media reportase lapangan, memproduksi teks laporan hasil observasi.
ABSTRACT
Dirham Damara. 2016. Effect of Method of Learning Group Investigation with Media Reporting Fields toCapabilities of Producing Text Reports Observations in Class X SMAN 44 Jakarta.Skripsi.Prodi PendidikanBahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni.Universitas Negeri Jakarta.
This study aimed to describe the effect of group learning methods with media reportage field investigation of the ability to produce text of the report on the observation class X SMA Negeri 44 Jakarta. The research was conducted in the academic year 2015/2016, the second half of April in class X. The method used in this study is an experimental method usingpre-test and post-test design (pretest and posttest design) for two groups. Fisher's exact test was used as a test of homogeneity. From the calculation, the researcher gotF = 2,08 from the distribution of dk = 29 and significance level 0,01 the researcher gotF = 2,41, from the result, the researcher obtainedF ≤F .Thus, the population has a homogeneous variance. Based on calculation test Uji-t, the researcher gott 7,876 from dk = 58 at significance level ()is 0,05, meanwhilet obtained through interpolation is 2.002, then 7.876 > 2.002 so the hypothesis is accepted. On average ability to produce text of the report the observation of experimental class students is 94 higher than the capability of producing text of the report on the observation that control class only reached an average of 76. From these data it is known that the research results can test the null hypothesis. Therefore, there is the effect of group learning method with media reportage field investigation of the ability to produce text of the report on the observation class X SMA Negeri 44 Jakarta.
Keywords: learning methods group investigation, media reportage of the field, producing text of the report on the observation.
Bibliografi : lembar 130-132
SS00011544 | SK 11544 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain