Text
Struktur teks cerpen dalam cerpen koran kompas periode januari-desember 2015
ABSTRAK
SANDRA SURYADINATA. Struktur Teks Cerpen dalam Cerpen Koran
Kompas Periode Januari – Desember 2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri
Jakarta. Jakarta, Juli 2016.
Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang dapat dinikmati dan
digunakan untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan,
memetik nilai-nilai moralnya serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa. Ada beberapa unsur yang membangun teks cerpen, salah satunya
adalah struktur teks. Skripsi ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang
struktur teks cerpen dalam cerpen koran Kompas periode Januari – Desember
2015. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan deskriptif kualitatif
dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur teks
cerpen yang terdapat dalam koran Kompas periode Januari – Desember 2015
bervariasi, dilihat dari kelengkapan atau tidaknya struktur umum teks cerpen yang
digunakan dalam pembelajaran teks cerpen di sekolah, yaitu abstraksi, orientasi,
komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Dalam analisis ini ditemukan 5 pola
dalam struktur teks cerpen. Pola struktur tersebut adalah pola sempurna, pola tidak
berabstraksi, pola tidak berevaluasi, pola tidak beresolusi, dan pola tidak berkoda.
Penelitian tentang teks cerpen masih tergolong sedikit sedangkan perkembangan
cerpen pada masa sekarang semakin meluas, terutama perannya dalam pendidikan
sebagai salah satu materi pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.
Kata kunci: teks cerpen, struktur teks, Kurikulum 2013, koran Kompas.
Bibliografi : lembar 68
SS00011546 | SK 11546 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain