Text
Manajemen sarana dan prasarana di SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun Jakarta Timur
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA
DI SMP ISLAM AL AZHAR 12 RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR
(2016)
Ranty Pebriantika
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana yang dilihat dari perencanaan, pengadaan, dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2015 hingga April 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Staf Sarana dan Prasarana, Guru, Kepala Bagian Umum Sarana dan Prasarana, Kepala Kesekretariatan/ Pembelian, dan Staf Pembelian.
Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa; (1) perencanaan sarana dan prasarana pendidikan meliputi: membuat analisis kebutuhan, menetapkan skala prioritas dengan mengadakan rapat kerja (RAKER) di sekolah, menyusun anggaran, dan mengesahkan RAPBS, (2) pengadaan sarana dan prasarana pendidikan meliputi: pengajuan surat permohonan pengadaan barang ke yayasan, yayasan dan sekolah membahas kembali mengenai spesifikasi barang dan anggaran yang tersedia, bagian pembelian melakukan survei harga barang dan membuat purchase order (PO) ke supplier, penukaran voucher pembelian, pembelian barang, pendistribusian barang, dan (3) penghapusan sarana dan prasarana pendidikan meliputi: melaporkan kerusakan barang, membuat surat permohonan penghapusan ke yayasan, pengecekan barang oleh bagian pemeliharaan yayasan, melaporkan hasil pengecekan, SK Penghapusan dilakukan, pencatatan barang yang dihapuskan, dan pelaksanaan penghapusan.
Kata kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Perencanaan, Pengadaan, Penghapusan.
Bibliografi : lembar 107-108
SS00011569 | SK 11569 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain