Text
Pengaruh teknik three step interview dengan media foto dalam instagram terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP 85 Jakarta
ABSTRAK
Nori Stamely. 2016. Pengaruh Teknik Three Step Interview dengan Media Foto dalam Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas VII SMPN 85 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik three step interview dengan media foto dalam instagram terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 85 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMPN 85 Jakarta, semester genap tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian sebanyak dua kelas dengan jumlah 64 siswa. Metode yang digunakan, yaitu metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan yang didapat dari sampel di atas 69 untuk rata-rata nilai pretest kelas eksperimen, dan 76 untuk rata-rata posttest kelas eksperimen. Hasil penghitungan uji-t, diperoleh thitung sebesar 4.6 dan ttabel sebesar 1.999 dengan taraf signifikan sebesar 0.05, karena thitung (4.6) > ttabel (1.999) maka hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan analisis data maka terdapat pengaruh teknik three step interview dengan media foto dalam instagram terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif. Teknik three step interview dengan media foto dalam instagram dapat diimplikasikan pada kurikulum 2013 yaitu pada teks laporan hasil observasi. Saran penggunaan teknik three step interview dengan media foto dalam instagram guru harus dapat menggunakan teknik dan media yang kreatif serta menarik untuk pembelajaran teks tanggapan deskriptif.
Kata kunci: Teknik three step interview, media foto, kemampuan menulis teks tanggapan deskriptif.
Bibliografi : lembar 136-137
SS00010327 | SK 10327 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain