Text
Manajemen peserta didik di SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun Jakarta Timur
MANAJEMEN PESERTA DIDIK
DI SMP ISLAM AL AZHAR 12 RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR
(2016)
FATIMAH AZZAHRA SHELLYNI SARI
Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris serta mengamati secara langsung manajemen peserta didik yang dilaksanakan berdasarkan perencanaan, pembinaan, dan evaluasi peserta didik di SMP Islam Al Azhar 12 Rawamangun Jakarta Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Koorbid. Kesiswaan, Staff Tata Usaha bagian Kesiswaan, Guru Bimbingan Konseling, Wakil Direktur YAPI Al-azhar Rawamangun dan Guru Bidang Studi.
Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa; (1) perencanaan peserta didik meliputi: rapat kerja antara kepala sekolah dan staff, menganalisis jumlah peserta didik yang dibutuhkan termasuk segala sesuatu yang dibutuhkan peserta didik, proses penerimaan peserta didik baru dengan sistem online, masa orientasi peserta didik baru, serta pengelompokkan peserta didik ke dalam beberapa kelas, (2) pembinaan peserta didik meliputi: proses pembinaan kedisiplinan, pembinaan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, seluruh pembinaan peserta didik ini selalu menekankan pada aspek keagamaan islam dan (3) evaluasi peserta didik meliputi: evaluasi intrakurikuler yang juga termasuk evaluasi kegamaan dan evaluasi ekstrakurikuler serta evaluasi kedisiplinan yang menggunakan buku point peserta didik.
Kata kunci: Manajemen peserta didik, Perencanaan, Pembinaan, Evaluasi peserta didik.
Bibliografi : lembar 100-101
SS00011570 | SK 11570 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain