Text
Meningkatkan hasil belajar IPS melalui model cooperative learning tipe two stay two stray (dua tinggal dua tamu ) pada siswa kelas IV SD : studi penelitian tindakan kelas SDN Kartika Sejahtera 01 Kabupaten Bogor
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV SD
(Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kartika Sejahtera 01 Kabupaten Bogor)
Dwi Septya Ningtyas
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penggunaan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV SDN Kartika Sejahtera 01 Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua sejak bulan Maret sampai Mei 2016 dengan subjek penelitian 39 siswa. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart dengan empat tahapan setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray adalah model pembelajaran diskusi yang terdiri dari 4 orang siswa dengan cara siswa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan kelompok lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase yang diperoleh siswa mencapai nilai KKM ≥75 sebesar 59% sedangkan pada siklus II sebesar 87%. Pada hasil data pemantau aktivitas guru sebesar 77% dan aktivitas siswa sebesar 74% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan, hasil pemantau aktivitas guru sebesar 100% dan aktivitas siswa sebesar 94%. Dengan demikian pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kartika Sejahtera 01 Kabupaten Bogor tentang materi masalah sosial.
Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray, Hasil
Belajar IPS
Bibliografi : lembar 149-152
SS00011567 | SK 11567 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain