Text
Pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD di kecamatan Pulogadung Jakarta Timur
PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN PULOGADUNG, JAKARTA TIMUR
(2016)
ANI APRILIANA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SDN Jati 05, Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jati 05 Pagi, Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan instrumen angket mengenai sikap ilmiah dengan skala Likert. Intrumen tersebut kemudian diuji normalitas dan homogenitas sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 2,96 dengan dk = 46, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan dk = 46 adalah sebesar 2,015. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (2,96 > 2,015), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan metode eksperimen terhadap sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran IPA untuk dapat menumbuhkan serta mengembangkan sikap ilmiah dalam diri siswa kelas V SD.
Kata kunci: Metode Eksperimen, Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDBibliografi : lembar 84-86
SS00011566 | SK 11566 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain