Text
Pengaruh metode tangan dibawah tangan (hand under hand) terhadap kemampuan bahasa eksperesif siswa multiple disable with visual impairments : penelitian single subject research pada siswa kelas dasar di SLB-G Rawinala Jakarta Timur
PENGARUH METODE TANGAN DIBAWAH TANGAN (HAND UNDER HAND) TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF SISWA MULTIPLE DISABLE with VISUAL IMPAIRMENTS
(Subject Single Research Siswa Pendidikan Dasar di SLB-G Rawinala Jakarta Timur)
(2016) AGUS ARIYANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Metode Tangan Dibawah Tangan (Hand Under Hand) terhadap kemampuan bahasa ekspresif siswa MDVI kelas dasar SLB G Rawinala. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan penilaian skor, 1 jika siswa masih memerlukan banyak bantuan, 2 jika memerlukan sedikit bantuan, dan 3 jikamelakukantanpabantuandenganmenggunakanlembar instrument pencatatan kejadian terhadap kemampuan bahasa ekspresif dalam hal mengungkapkan keinginan melalui 3 kosakata. Adapun penelitian dilakukan menggunakan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif sehingga terjadi peningkatan terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada siswa dengan pengumpulan data yang diperoleh pada saat intervensi dan baseline A2. Hasil ini adalah suatu upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan bahasa siswa MDVI di SLB G Rawinala Jakarta Timur. Implikasi hasil penelitian adalah dapat diketahui bahwa penerapan Metode Tangan Dibawah Tangan (Hand Under Hand) pada siswa MDVI kelas dasar membawa pengaruh terhadap kemampuan bahasa ekspresif dalam hal mengungkapkan keinginan, sehingga hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Tangan Dibawah Tangan dapat digunakan dalam mengembangkan bahasa ekspresif lainnya sesuai kebutuhan siswa dalam kegiatan sehari-hari.
Kata Kunci: Metode Tangan Dibawah Tangan (Hand Under Hand), Bahasa Ekspresif, siswa MDVI.
Bibliografi : 111-112
SS00010348 | SK 10348 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain