Text
Hubungan antara efikasi diri dengan kinerja guru SD negeri kecamatan Pulogadung Jakarta Timur
HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KINERJA GURU SD NEGERI
KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR
SECI HARPIAN OKTALIANA
Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan
antara Efikasi Diri Dengan Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Pulogadung
Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua
variabel didalamnya yaitu: (X) Efikasi Diri sebagai variabel bebas dan (Y) kinerja
sebagai variabel terikat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan studi
korelasional dan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah sebanyak
88 orang guru. Pengambilan sampel secara acak menggunakan simple random
sampling dengan rumus Slovin dan pengumpulan data menggunakan
kuesioner.
Dari hasil uji hipotesis, diperoleh thitung sebesar 5,569 yang berarti lebih
besar dari ttabel 1.988. Maka, hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan diterima secara
positif. Dari koefisien determinasi, efikasi diri memberikan kontribusi sebesar
26,51% terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa semakin tinggi efikasi diri, maka
semakin baik pula kinerja guru SD Negeri Kecamatan Pulogadung Jakarta
Timur.
Kata Kunci : Efikasi Diri, Kinerja
Bibliografi : lembar 89-90
SS00010347 | SK 10347 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain