Text
Evaluasi kebijakan PT.Timah (Persero)TBK dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup di lahan bekas penambangan : studi di PT.Timah (Persero)Tbk Pulau Bangka Provinsi Bangka-Belitung
EVALUASI KEBIJAKAN PT.TIMAH (PERSERO)Tbk. DALAM RANGKA PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI LAHAN BEKAS PENAMBANGAN (Studi di PT.Timah(Persero).Tbk Pulau Bangka, Provinsi Bangka- Belitung (2013)
Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang kebijakan reklamasi PT.Timah (Persero) Tbk.. Evaluasi difokuskan 1. Implementasireklamasi sudah dengan kebijakan PT.Timah (Persero)Tbk..2. Kebijakan reklamasi masih relevan pada saat ini. 3. Kesenjangan (gap) implementasi dan realisasinya. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ada 3 macam yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk meningkatkan kepercayaan penelitian digunakan teknik lain seperti triangulasi, catatan lapangan dan daftar pertanyaan. Untuk menganalisa data hasil wawancara menggunakan teknik analisis utilitas multiatribut dan penghitungan statistik dengan SPSS Statistical Product and Service Solutions)Hasil evaluasi menunjukkan bahwa belum semua kegiatan reklamasi terimplementasi dengan baik sesuai karena ada beberapa kegiatan yang belum sesuai dengan tujuan reklamasi di dalam dokumen RKL dan RPL.Sekitar 87,50 % responden menilai bahwa kebijakan pengelolaan reklamasi di PT.Timah (Persero)Tbk. dalam pelaksanaannya kurang berhasil – cukup berhasil dan 12,50 % responden menilai implementasi pengelolaan reklamasi sangat berhasil. Implementasi reklamasi di PT.Timah (Persero) Tbk. dapat diketahui dari nilai perbedaan kesenjangan (gap) implementasi dan realisasinya. Hasil dari Penilaian responden terdapat kesenjangan yang besar di aspek pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan reklamasi. Hal ini berarti penilaian dalam implementasi pengelolaan reklamasi (pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan) selama ini kurang sesuai. Menurut responden terdapat perbedaan kesenjangan yang lebih kecil dalam implementasi perencanaan reklamasi. Hal ini berarti implementasi perencanaan reklamasi cukup sesuai. Menurut 32,50 % responden kebijakan reklamasi saat ini masih relevan untuk diimplementasikan dan 55,00 % responden berpendapat bahwa
Bibliografi : lembar 162-165
TM00004813 | TM 4813 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain