Text
Meningkatkan keterampilan menyimak menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Islam Mubasysirin Jakarta Selatan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dalam keterampilan menyimak menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SDI Mubasysyirin Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Mubasysyirin Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis dan McTaggart melalui empat tahap setiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui instrumen tes, pengamatan tindakan, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa foto yang diambil saat proses pembelajaran. Hasil tes keterampilan menyimak yang diperoleh pada siklus I adalah 70% dan pada siklus II adalah 91% siswa yang mencapai skor ≥ 75. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil yang dicapai siswa mengalami peningkatan sebesar 21% dikarenakan adanya efektivitas penggunaan media audio visual pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media audio visual pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas V SDI Mubasysyirin Jakarta Selatan.
Kata Kunci: Keterampilan menyimak, media audio visual
Bibliografi : lembar 127-129
SS00011589 | SK 11589 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain