Text
Meningkatkan kemampuan eksplorasi gerak dasar melempar dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui model cooperative learning tipe teams games tournaments (TGT) : studi penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN Bintaro 08 Pagi Jakarta Selatan
MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI DAN GERAK DASAR MELEMPAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT)
(Studi Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V SDN Bintaro 08 Pagi Jakarta Selatan)
(2016) Yohannes Bil Clinton
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi gerak dasar melempar dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui model cooperative learning tipe teams games tournaments di kelas V SDN Bintaro 08 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 35 siswa pada semester kedua tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, kemampuan eksplorasi gerak dasar melempar persentase sebesar 57,90% sehingga belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75%. Pada siklus II persentase nilai hasil belajar siswa mencapai 79,23,%. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 75% meningkat pada siklus II yaitu 80%. Implikasi dari penelitian ini model cooperative learning tipe teams games tournaments dapat dijadikan model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan eksplorasi gerak dasar melempar dalam pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan model cooperative learning tipe teams games tournaments siswa dapat terlibat aktif, semangat, dan kerja sama
Kata Kunci : kemampuan eksplorasi gerak dasar melempar, Model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments
Bibliografi : lembar 99-101
SS00010374 | SK 10374 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain