Text
Meningkatkan hasil belajar matematika materi pengenalan angka 1-5 pada siswa tunagrahita sedang melalui penggunaan media antena (adonan tepung mainan) : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas III di SLB Kasih Bunda Jakarta Barat
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGENALAN ANGKA 1-5 PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AnTena (Adonan Tepung Mainan)
( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III di SLB Kasih Bunda, Jakarta Barat )
(2016) Nur Maulina
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatlan hasil belajar matematika materi pengenalan angka 1-5 pada siswa tunagrahita sedang kelas III di SLB Kasih Bunda Jakarta Barat melalui penggunaan media AnTena ( adonan tepung mainan) yang dilaksanakan pada bulan Januari – Juni 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita sedang kelas III SLB Kasih Bunda Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi untuk memperoleh data mengenai hasil belajar matematika. Standar keberhasilan siswa dalam menguasai materi yaitu dengan mengalami peningkatan minimal 35 pada hasil belajar matematika. Dari analisis data, diketahui kemampuan awal siswa masih rendah, setelah dilakukan tindakan disiklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan namun belum mencapai standar keberhasilan, maka penelitian melakukan tindakan pada siklus II. Hasil belajar matematika pada siklus II menunjukan peningkatan sesuai dengan standar yang ditentukan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa media AnTena (Adonan Tepung Mainan) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengenalan angka 1-5 pada siswa tunagrahita sedang kelas III.
Kata kunci : Hasil belajar matematika, pengenalan angka, media AnTena ( Adonan Tepung Mainan), siswa tunagrahita sedang.
Bibliografi : lembar 86-87
SS00010379 | SK 10379 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain