Text
Strategi pengembangan perilaku peserta didik autisme kelas III SDSLB di SLBN 7 Jakarta Timur
STRATEGI PENGEMBANGAN PERILAKU PESERTA DIDIK AUTISME KELAS III SDLB DI SLBN 7 JAKARTA TIMUR Salsabil Al Kautsar
ABSTRAK
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai strategi pengembangan perilaku peserta didik autisme kelas III SDLB di SLBN 7 Jakarta Timur. Subjek penelitian ini terdiri dari satu subjek yaitu kelas III SDLB. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Strategi pengembangan perilaku dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pengembangan perilaku secara tersirat masuk ke dalam mata pelajaran reguler. Tidak ada materi pembelajaran khusus untuk pengembangan perilaku, dan tidak ada strategi pengembangan perilaku khusus yang diberikan kepada peserta didik autisme. Oleh karena itu, guru sebaiknya merancang strategi pembelajaran khusus kepada peserta didik autisme untuk meningkatkan kemampuan perilaku yang sesuai pada pengembangan diri secara maksimal
Kata kunci : Strategi pengembangan perilaku, peserta didik autisme
Bibliografi : lembar 74-77
SS00010377 | SK 10377 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain